Senin, 14 Desember 2009

Ayo Majukan Agribisnis Indonesia!

Agribisnis berasal dari kata Agribusiness, dimana Agri adalah Agriculture artinya pertanian dan Business artinya usaha atau kegiatan yang menghasilkan keuntungan. Jadi, agribisnis adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pengusahaan tumbuhan dan hewan (komoditas pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan) yang berorientasi pasar (bukan hanya untuk pemenuhan kebutuhan pengusaha sendiri) dan untuk memperoleh nilai tambah.

Agribisnis adalah manusia yang memanfaatkan sumber daya alam untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya. Agribisnis, dengan perkataan lain adalah cara pandang ekonomi bagi kegiatan dalam bidang pertanian. Agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran. Secara luas, agribisnis berarti “bisnis berbasis sumber daya alam”.

Objek agribisnis dapat berupa tumbuhan, hewan ataupun organism lainnya. Kegiatan budidaya termasuk dalam bagian hulu agribisnis. Apabila produk budidaya (hasil panen) dimanfaatkan oleh pengelola sendiri, kegiatan ini disebut pertanian subsisten dan merupakan kegiatan agribisnis paling primitif. Pemanfaatan sendiri dapat berarti juga menjual atau menukar untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

Sebagai generasi muda ayo perluas wawasan kita dan pemikiran kita, sektor pertanian itu sektor yang punya potensi besar. Dengan agribisnis pengelolaan produksi dari pertanian dapat dimaksimalkan. Asalkan kita memahami dan mempraktekkan ilmunya. Ayo kita majukan agribisnis di Indonesia. lihatlah contoh-contoh sukses pengusaha dalam bidang agribisnis seperti Bob Sadino. Ia memulai usahanya benar-benar dari nol hingga akhirnya sekarang ia telah menggapai kesuksesannya.

Dengan mengambil studi agibisnis dapat menunjang dalam memajukan agribisnis di Indonesia. ayo generasi muda! Jangan sampai kalian melihat sebelah mata tentang pertanian kita, jangan berpikir sektor pertanian itu hanya untuk orang desa dan tidak bergengsi. Agribisnis dapat membuat sektor pertanian kita lebih maju. Maka ayo kita majukan agribisnis Indonesia!



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Agribisnis
http://www.tokohindonesia.com/ensiklopedi/b/bob-sadino/index.shtml
http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/(2)%20soca-antara-sistem%20pengemb%20agribisnis.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar