Senin, 14 Desember 2009

Cerita Tentang Sandwich

siapa yang tidak tahu sandwich??? makanan ini sering kali dibawa untuk bekal sarapan pagi atau pun makan siang. Sandwich atau roti lapis adalah makanan berupa dua potong roti yang menjepit daging, sayuran, keju atau berbagai teman makan roti dan biasanya diberi bumbu atau saus sehingga rasanya menjadi lebih enak. Berbagai jenis roti bisa digunakan untuk sandwich dan minyak zaitun yang berfungsi sebagai perekat dan penambah aroma.

Sandwich juga biasanya dibawa sebagai makanan praktis sewaktu piknik, mendaki gunung atau sekedar jalan-jalan. Di rumah sandwich dinikmati sebagai cemilan atau pelengkap makanan utama. jika dimakan di rumah sebagai makanan utama sandwich biasanya ditemani makanan pendamping seperti sup, selada, keripik kentang, kentang goreng, asinan ketimun atau selada kol.

Ternyata asal muasal sandwich itu dari kebiasaan yang tidak baik dan tidak pantas ditiru. Sandwich diambil dari nama Earl of Sandwich IV. Dia adalah penemu dari Sandwich, dia adalah seorang aristokrat Inggris ke-18 yang merupakan penggemar main kartu kelas berat alias tukang berjudi. Earl of Sandwich ingin terus bermain kartu tanpa berhenti untuk makan, akhirnya ia menyuruh pelayannya membawakannya dua potong roti dan daging panggang untuk dia makan. Dia memakannya dengan cara menjepit daging dengan dua potong roti, dengan begitu dia dapat terus bermain kartu sambil memakan sandwichnya itu dengan hanya sebelah tangan.


Begitu tergila-gilanya Earl of Sandwich IV dengan main kartu adalah hal yang sangat buruk, tapi dari hal itu terlahirlah sebuah makanan yang praktis yang diberi nama sandwich yang kini dikenal hampir di seluruh dunia. Hebat memang, Walaupun otaknya tidak pernah lepas dari bermain kartu tapi dia masih saja kreatif.

sumber gambar dan artikel: http://id.wikipedia.org/wiki/Roti_lapis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar